Pages Navigation Menu

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) dan UR agendakan Kuliah Umum dengan tema “Upaya Penanggulangan Bencana Asap di Indonesia”

Sebagai bentuk penyelesaian kebakaran lahan hutan (karlahut) yang selalu terjadi di Provinsi Riau pada khususnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Universitas Riau (UR) berinisiatif untuk menyelenggarakan kuliah umum yang sekaligus program pembekalan I untuk mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) 2014.

Kegiatan kuliah umum tersebut merupakan tahap awal dalam rangka memberikan pemahaman pentingnya kepeduliaan di kalangan mahasiswa yang akan turun ke lokasi-lokasi terutama dengan target lokasi bekas terjadinya kebakaran lahan gambut. Hal ini harus dilakukan secara bersinergi dan komprehensif antar kementerian/lembaga, TNI, Polri, pemerintah daerah, masyarakat dan unsur-unsur terkait lainnya. Inilah latar belakang digagasnya acara kuliah umum yang akan diadakan pada Senin 28 April 2014 dimulai dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, bertempat di Gedung Sultan Balia FISIPOL UR.

kuliah umum full

Kuliah Umum yang mengambil tema “Upaya Penanggulangan Bencana Asap di Indonesia” tersebut akan menghadirkan Dr. Syamsur Ma’arif selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) dan Rektor UR Prof. Dr. Ashaluddin Jalil, MS sebagai Moderatornya.

Kuliah umum ini diharapkan memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa peserta KUKERTA 2014  UR terhadap penanggulangan bencana nasional, mulai dari tahap pencegahan, tanggap darurat, dan pasca bencana dengana fokus bencana asap di Riau. Memberikan pemahaman secara komprehensif akar permasalahan dan solusi tuntas kejadian Karlahut di gambut. Memberikan pemahaman perlunya mengerahkan seluruh potensi mahasiswa dalam kaitannya membantu menyelesaikan hingga tuntas bencana asap, terutama yang terjadi di Propinsi Riau.